FUNGSI SENSOR O2 SERTA CARA KERJANYA






Selamat malam para AV sudah makan apa malam ini. Dunia Sosmed lagi rame tentang balap motor paling wah sejagad.  Semoga para AV dapat menyikapi dengan bijak. 
Om Virus lagi suntuk sangat ini malam kok berasa lama amat ya. Jadi daripada waktu habis dengan sia-sia, om Virus mau bagi-bagi ilmu niy. Eit ini ilmu bukan sembarang ilmu ini ilmu kudu diserap bener2 biar kagak gagal paham. Bahaya kalo sampe gagal paham. Bisa nyasar nanti didalam kamar :P........ nanti kaya pabrik tetangga lagi nge-training orang tapi pada gagal paham.
Ingat ya apa yg om bahas ini g ada hubungan nya antara perbandingan kompresi dengan O2 sensor dengan bahan bakar Premium. Lah, iyo moso sih mesin kompresi diatas 1:11 boleh dikasih premium, udah gitu katanya gpp lagi karena ada O2 sensor. gimana para AV semoga bisa nangkap apa kata om Virus ya.

O2 sensor adalah salah satu sensor pada perangkat sistem injeksi yang berfungsi mendeteksi sisa hasil gas buang atau pembakaran di saluran exhaust para AV. Guna untuk menekan emisi gas buang agar ramah lingkungan karena pasokan bahan bakar yang disesuaikan sesuai kebutuhan. Tepatnya setelah O2 sensor memberikan informasi ke ECU, kemudian ECU memberikan campuran bahan bakar yang ideal sesuai instruksi O2 Sensor. Sehingga gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.Dan alat ini pula yang membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Jadi gak ada kaitan nya dengan motor kompresi tinggi boleh nenggak premium karena ada O2 sensor. Kalo kata om Virus itu sih sama aja pembodohan publik secara masif dan sistematis, waelah om Virus ngomong apaan sih dah kaya elit politik aja....

Mekanisme O2 Sensor :
  • O2 sensor akan membandingkan jumlah O2 dari sisa pembakaran dengan O2 udara luar. bukan mendeteksi ini bensin premium atau pertamax para AV. 
  • Selanjutnya hasil perbandingan O2 ini di konversikan oleh ZrO2 (Zirconia electrolyte) menjadi arus listrik. Bukan! wah bensin premium niy para AV kasih tahu ECU nya boleh gak niy pake premium di mesin kompresi tinggi.
  • Arus listrik inilah yang akan di kirimkan ke ECU sebagai informasi hasil pembakaran yang terjadi pada ruang bakar yg dideteksi melalui gas buang. 
Injector sebelumnya menyemprotkan bahan bakar sesuai sinyal yang diterima ECU sesuai input dari sensor2 dari MAQS, crank position sensor serta sensor temperatur sehingga tercipta semprotan yang ideal setalah bahan bakar terbakar maka hasil pembakaran tersebut dideteksi oleh O2 sensor di lubang exhaust selanjutnya hasil pembacaan ini dirubah menjadi arus listrik yang dikirim ke ECU selanjutnya, ECU akan memberikan perintah ke Injector untuk menyemprotkan sejumlah bahan bakar agar pencampuran udara dan bahan bakarnya menjadi lebih ideal. Gitu para AV.
Dengan adanya O2 sensor maka konsumsi bahan bakar bisa jadi lebih irit serta ramah lingkungan. Karena O2 sensor memberi perintah kepada ECU untuk memperkaya perbandingan bahan bakar dengan udara atau sebaliknya. antara Rich and Lean para AV.

Good night para AV. Semoga makin terang benderang ya. capek kan diboongin mulu. Makanya om virus kasih penjelasan yg semoga aja bisa dimengerti para AV. Akhir kata om Virus mau Kelonan dulu akh.
Salam Jaringan Anti Virus (JAV).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menentukan Ukuran Venturi Karburator

Fungsi Resonator pada Air Intake Filter

SUZUKI TWIN SWIRL COMBUSTION CHAMBER